Contoh Jumlah Ismiyah Lengkap: Pengertian, Ciri, dan
Dalam tata bahasa Arab, kalimat atau *jumlah* terbagi menjadi dua jenis utama: *jumlah ismiyah* dan *jumlah fi’liyah*. *Jumlah ismiyah* adalah kalimat yang diawali dengan isim (kata benda), dan memahami struktur serta contoh-contohnya sangat penting untuk menguasai bahasa Arab dengan baik. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang *jumlah ismiyah*, mulai dari pengertian dasar, ciri-ciri, hingga contoh-contohnya yang beragam, sehingga Anda dapat memahaminya dengan lebih mudah.
Memahami *jumlah ismiyah* tidak hanya penting bagi pelajar bahasa Arab, tetapi juga bagi mereka yang ingin memahami Al-Quran dan hadis dengan lebih mendalam. Dengan menguasai struktur kalimat ini, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi makna dan pesan yang terkandung di dalamnya. Mari kita mulai dengan membahas definisi dan ciri-ciri khas dari *jumlah ismiyah*.
Pengertian Jumlah Ismiyah
*Jumlah ismiyah* secara sederhana dapat diartikan sebagai kalimat nominal atau kalimat yang diawali dengan isim (kata benda). Isim ini bisa berupa kata benda konkret (seperti buku, rumah, atau orang), kata benda abstrak (seperti kebaikan, kebahagiaan, atau ilmu), kata ganti (seperti dia, saya, atau mereka), atau kata sifat yang berfungsi sebagai kata benda.
Dalam struktur *jumlah ismiyah*, terdapat dua komponen utama, yaitu *mubtada’* (subjek) dan *khabar* (predikat). *Mubtada’* adalah isim yang menjadi pokok kalimat, sedangkan *khabar* adalah informasi atau penjelasan tentang *mubtada’*. Hubungan antara *mubtada’* dan *khabar* ini yang membentuk makna utuh dari *jumlah ismiyah*.
Ciri-Ciri Jumlah Ismiyah
Ciri utama dari *jumlah ismiyah* adalah diawali dengan isim. Hal ini menjadi pembeda utama dengan *jumlah fi’liyah* yang diawali dengan fi’il (kata kerja). Namun, ada beberapa ciri lain yang perlu diperhatikan untuk memastikan apakah suatu kalimat termasuk *jumlah ismiyah* atau bukan.
Salah satu ciri lainnya adalah *mubtada’* dan *khabar* biasanya memiliki *i’rab* (perubahan harakat akhir kata) yang sesuai. Umumnya, *mubtada’* dan *khabar* memiliki *i’rab rafa’* (ditandai dengan *dhammah* atau bentuk jamaknya), kecuali jika ada amil (faktor) lain yang mempengaruhinya. Perhatikan juga kesesuaian gender (*mudzakkar* atau *muannats*) dan jumlah (*mufrad*, *mutsanna*, atau *jamak*) antara *mubtada’* dan *khabar*.
Contoh Jumlah Ismiyah Sederhana
Untuk lebih memahami *jumlah ismiyah*, mari kita lihat beberapa contoh sederhana: * **الكِتَابُ جَدِيدٌ** (Al-kitabu jadidun) – Buku itu baru. Di sini, *الكِتَابُ* (Al-kitabu) adalah *mubtada’* dan *جَدِيدٌ* (jadidun) adalah *khabar*. * **المُعَلِّمُ نَشِيطٌ** (Al-mu’allimu nashitun) – Guru itu rajin. *المُعَلِّمُ* (Al-mu’allimu) adalah *mubtada’* dan *نَشِيطٌ* (nashitun) adalah *khabar*.
Contoh-contoh di atas menunjukkan struktur dasar *jumlah ismiyah*. *Mubtada’* selalu berupa isim *ma’rifah* (tertentu/definite) dan *khabar* biasanya berupa isim *nakirah* (umum/indefinite). Namun, ada beberapa pengecualian yang akan kita bahas nanti.
Jenis-Jenis Khabar dalam Jumlah Ismiyah
*Khabar* dalam *jumlah ismiyah* tidak selalu berupa kata sifat tunggal. Ada beberapa jenis *khabar* yang perlu Anda ketahui: * **Khabar Mufrad:** *Khabar* berupa satu kata benda atau kata sifat, seperti contoh-contoh di atas. * **Khabar Jumlah Fi’liyah:** *Khabar* berupa kalimat verbal yang terdiri dari fi’il (kata kerja) dan fa’il (pelaku). * **Khabar Jumlah Ismiyah:** *Khabar* berupa kalimat nominal (jumlah ismiyah) lain. * **Khabar Syibhu Jumlah:** *Khabar* berupa *jar majrur* (preposisi dan objeknya) atau *dharf* (keterangan tempat/waktu).
Memahami jenis-jenis *khabar* ini akan membantu Anda mengidentifikasi struktur *jumlah ismiyah* yang lebih kompleks. Mari kita bahas masing-masing jenis *khabar* ini dengan lebih detail.
Khabar Jumlah Fi’liyah
Ketika *khabar* berupa *jumlah fi’liyah*, maka *khabar* tersebut menjelaskan tindakan atau keadaan yang berkaitan dengan *mubtada’*. Contohnya: **الطَّالِبُ يَكْتُبُ الدَّرْسَ** (At-thalibu yaktubu ad-darsa) – Murid itu sedang menulis pelajaran. Di sini, *الطَّالِبُ* (At-thalibu) adalah *mubtada’*, dan *يَكْتُبُ الدَّرْسَ* (yaktubu ad-darsa) adalah *khabar* berupa *jumlah fi’liyah*.
Perhatikan bahwa *khabar* *jumlah fi’liyah* ini harus memiliki *dhamir* (kata ganti) yang merujuk kembali ke *mubtada’*. Dalam contoh di atas, *dhamir* tersembunyi di dalam kata kerja *يَكْتُبُ* (yaktubu), yang merujuk kepada *الطَّالِبُ* (At-thalibu).
Khabar Jumlah Ismiyah
Terkadang, *khabar* dalam *jumlah ismiyah* berupa kalimat nominal lain. Contohnya: **البَيْتُ غُرْفَتُهُ وَاسِعَةٌ** (Al-baytu ghurfatuhu wasi’atun) – Rumah itu, kamarnya luas. Di sini, *البَيْتُ* (Al-baytu) adalah *mubtada’* utama, dan *غُرْفَتُهُ وَاسِعَةٌ* (ghurfatuhu wasi’atun) adalah *khabar* berupa *jumlah ismiyah*. *غُرْفَتُهُ* (ghurfatuhu) adalah *mubtada’* kedua, dan *وَاسِعَةٌ* (wasi’atun) adalah *khabar* kedua.
Sama seperti *khabar jumlah fi’liyah*, *khabar jumlah ismiyah* juga harus memiliki *dhamir* yang merujuk kembali ke *mubtada’* utama. Dalam contoh di atas, *dhamir* *هُ* (hu) pada kata *غُرْفَتُهُ* (ghurfatuhu) merujuk kepada *البَيْتُ* (Al-baytu).
Khabar Syibhu Jumlah
*Khabar syibhu jumlah* bisa berupa *jar majrur* atau *dharf*. Contoh *jar majrur*: **الكِتَابُ عَلَى المَكْتَبِ** (Al-kitabu ‘alal maktabi) – Buku itu di atas meja. Di sini, *الكِتَابُ* (Al-kitabu) adalah *mubtada’*, dan *عَلَى المَكْتَبِ* (‘alal maktabi) adalah *khabar* berupa *jar majrur*.
Contoh *dharf*: **السَّفَرُ غَدًا** (As-safaru ghadan) – Perjalanan itu besok. Di sini, *السَّفَرُ* (As-safaru) adalah *mubtada’*, dan *غَدًا* (ghadan) adalah *khabar* berupa *dharf* (keterangan waktu).
Contoh Jumlah Ismiyah dalam Al-Quran
Al-Quran kaya akan contoh *jumlah ismiyah*. Mempelajari contoh-contoh ini akan membantu Anda memahami makna ayat-ayat Al-Quran dengan lebih baik. Mari kita lihat beberapa contoh:
* **اللهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ** (Allahu nurus samawati wal ardhi) – Allah adalah cahaya langit dan bumi. (QS. An-Nur: 35). *اللهُ* (Allahu) adalah *mubtada’*, dan *نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ* (nurus samawati wal ardhi) adalah *khabar*. * **وَاللهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ** (Wallahu ‘alimun hakimun) – Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. An-Nisa: 24). *اللهُ* (Allahu) adalah *mubtada’*, dan *عَلِيمٌ حَكِيمٌ* (‘alimun hakimun) adalah *khabar*.
Pengecualian dan Catatan Penting
Meskipun aturan umum adalah *mubtada’* harus *ma’rifah* (tertentu), ada beberapa pengecualian. Salah satunya adalah ketika *mubtada’* didahului oleh *istifham* (kata tanya) atau *nafi* (peniadaan). Contohnya: **هَلْ بَيْتٌ لَكَ؟** (Hal baytun laka?) – Apakah kamu punya rumah? *بَيْتٌ* (baytun) di sini adalah *mubtada’* *nakirah* karena didahului oleh *istifham* *هَلْ* (hal).
Selain itu, terkadang *mubtada’* bisa berupa *mashdar mu’awwal* (bentuk infinitif yang berfungsi sebagai kata benda). Memahami pengecualian-pengecualian ini akan membantu Anda menganalisis *jumlah ismiyah* dengan lebih akurat.
Kesimpulan
*Jumlah ismiyah* merupakan salah satu fondasi penting dalam tata bahasa Arab. Memahami struktur dan ciri-cirinya akan sangat membantu dalam memahami makna kalimat dalam bahasa Arab, terutama dalam membaca dan memahami Al-Quran dan hadis. Dengan menguasai berbagai jenis *khabar*, Anda akan mampu mengidentifikasi *jumlah ismiyah* yang lebih kompleks.
Teruslah berlatih menganalisis contoh-contoh *jumlah ismiyah* dari berbagai sumber. Semakin banyak Anda berlatih, semakin mudah Anda memahami dan menguasai struktur kalimat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam perjalanan mempelajari bahasa Arab.
